RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Produktif Teknik Komputer Jaringan
Kelas / Semester : X / 1
Pertemua ke- :
--
Alokasi Waktu :
16 X 45 Menit
Kompetensi : Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang
PC
Sub Kompetensi :
Perbaikan PC
Indikator :
- Siswa mampu menentukan jenis kerusakan komponen PC yang rusak pada motherboard berdasarkan hasil diagnosa yang dilakukan.
- Siswa mampu memperbaiki kerusakan motherboard.
- Siswa mampu menyeting/mengkonfigurasi ulang motherboard pada PC sesuai dengan kondisi hardware yang terpasang.
I . Tujuan Pembelajaran
|
1. Peserta diklat mampu menentukan jenis kerusakan komponen PC yang rusak pada motherboard berdasarkan
hasil diagnosa yang dilakukan.
2. Peserta diklat mampu memperbaiki kerusakan motherboard.
3. Peserta diklat mampu menyeting/mengkonfigurasi ulang motherboard pada
PC sesuai dengan kondisi hardware yang terpasang.
|
II . Materi Ajar
|
Perbaikan PC
|
1) Troubleshooting Motherboard
a) Permasalahan yang mungkin terjadi
Pengecekan berikut akan membantu memecahkan masalah.
Ø Cek sambungan kabel power supply utama dan kabel tegangan
DC.
Ø Cek sambungan kabel keyboard.
Ø
Cek sambungan kabel monitor dan kabel daya
monitor.
Ø Cek konfigurasi setting CMOS
Ø Cek sambungan kabel power dan kabel data drive.
Ø Cek semua daughter board
atau card yang terpasang pada slot I/O
Ø Cek sambungan saklar reset
Ø Cek posisi kunci keyboard
Ø Cek semua IC yang terpasang
Ø Cek disket boot di drive A
Ø Cek sambungan speaker
Setelah semua pengecekan dilakukan, hidupkan saklar power
dan cari pesan kesalahan POST. Dari pesan POST permasalahan dapat dilokalisir
dan diperbaiki. Ketika POST tidak dapat berjalan, maka masalah terjadi pada
motherboard dan rangkaian didalamnya. Dengan mengecek signal pada slot I/O
masalah kerusakan pada motherboard dapat diidentifikasi sebab semua signal
CPU terhubung ke slot I/O.
b)
Procedure Diagnosa dan Troubleshooting
(1) Cek 1. Power Supply
Cek level tegangan power supply pada slot I/O
Diagnosa
¬ Apakah card utama tersambung dengan baik ?
¬ Apakah kipas power supply berputar ?
¬ Apakah sambungan P8 dan P9 tersambung dengan baik ?
Jika level tegangan tidak ada pada pin sambungan P8 dan P9
power supply, maka permasalahan ada pada rangkaian power supply. Perbaiki
power supply dengan cara mengganti dengan power supply yang baru.
(2) Cek 2. Signal clock
Ukur signal CLK, OSC, PCLK, RESET DRV, I/O CH RDY, I/O CH
CHK pada pin slot I/O dengan memakai logic probe atau osiloskope.
Diagnosa
¬ Jika tidak ada signal CLK, OSC, PCLK, cek kristal dan
rangkaian pembangkit clock.
¬ Jika RESET DRV selalu tinggi, periksa signal power good,
rangkaian power on reset dan kondisi saklar
reset manual.
¬ Jika tidak ada signal
I/O CH RDY dan I/O CH CHK lepas
dan periksa semua daughter boards. Jika
masih bermasalah, permasalahan ada
pada motherboard dan tempat rangkaian. Cara perbaikannya
adalah gantilah
motherboard tersebut dengan motherboard yang baru.
(3) Cek 3. CPU dan DMA
Cek signal ALE, MEMR, MEMW, IOR, IOW, AEN dengan memakai
logic probe atau osiloskope.
Diagnosa
¬ Apabila signal ALE, MEMR, MEMW, IOR, IOW bukan pulsa, cek
motherboard bagian CPU
¬ Apabila signal AEN bukan pulsa, cek bagian DMA.
Cara perbaikannya adalah gantilah motherboard tersebut
dengan motherboard yang baru.
(4) Cek 4. Cek Keyboard
¬ Cek signal KBCLK, KBDATA pada keyboard
¬ Reset sistem dan tekan kunci pada keyboard cek signal pada
jalur data keyboard
Diagnosa
Jika KBCLK dan KBDATA ada dari keyboard kerusakan ada pada jalur
motherboard. Cara perbaikannya adalah gantilah motherboard tersebut dengan
motherboard yang baru.
Jika KBCLK dan KBDATA tidak ada dari keyboard kerusakan
ada pada keyboard.
|
|
III. Metode Pembelajaran
|
Informasi, praktek, tutorial, kerja kelompok
|
. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal ;
B. Kegiatan Inti ;
C. Kegiatan akhir ;
|
1. Salam pembuka.
2. Memberikan pertanyaan kerusakan pc yang sering muncul/terjadi
1. Mengidentifikasi komponen PC yang mengalami kerusakan
2. Menguraikan langkah-langkah penggantian komponen PC
3. Menguraikan langkah-langkah korektif untuk men-cegah kerusakan yang
lebih jauh pada komponen lainnya
4. Guru memberikan penilaian
1.
Memeriksa
komponen PC menggunakan cara/ metode yang sesuai dengan SOP
2. Mengganti komponen PC yang mengalami kerusak-an
3. Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada
bagian PC yang lain
|
V . Alat / Bahan / Sumber Belajar
|
Buku Konsep hardware PC, Mainboard, Processor, Memori, Harddisk, PSU,
Keyboard, Mouse dan Pheripheral PC
|
VI.
Penilaian :
|
|
Uji Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji Kompetemsi Kognitif
2. Uji Pengetahuan Konsep
3. Uji Pemahaman Konsep
|
1. Soal-soal Pilihan Ganda
2. Soal-soal Essai Penjelasan Bebas
3. Menyimpulkan persiapan dalam memperbaiki pc
|
Latihan
|
a.
Tugas 2
1)
Cek
semua koneksi/sambungan peripheral ke motherboard. Hidupkan PC, amati dan
catatlah hingga proses POST. Matikan PC, lepaslah RAM yang ada. Hidupkan PC,
amati dan catatlah hal yang terjadi. Matikan PC dan kembalikan seperti
semula.
2)
Ulangi
tugas 1 untuk prosesornya yang dilepas.
3)
Ulangi
tugas 1 untuk ROM BIOS nya yang dilepas.
4)
Ulangi
tugas 1 untuk battry CMOS yang dilepas.
b.
Tes Formatif 2
1) Pesan apa yang
diberikan komputer kepada pengguna jika ada problem atau kerusakan pada
motherboard !
2)
Bagaimana
cara mengidentifikasi kerusakan pada motherboard ?
3)
Bagaimana
cara mengetahui kerusakan pada CPU ?
c.
Kunci Jawaban Formatif 2
1) Jika kerusakan
pada soldiran/jalur motherboard, system clock, mikroprosesor, DMA, dan signal
power good dari power supply tidak ada maka pesan yang diberikan adalah tidak
ada tampilan, tidak ada suara, kipas power supply berputar, proses POST tidak
dapat berlangsung. Jika kerusakan pada komponen pendukung lainnya, maka pesan
yang diberikan adalah kode beep dengan uraian lihat pada table kode beep
materi 1.
2) Dengan
memakai voltmeter atau CRO cek tegangan +5V, +3,3V, +12V, -12V, -5V pada slot
I/O jika tidak ada tegangan kemungkinan kerusakan ada pada power supply atau
konektor/soldiran/jalur pada motherboard dan dengan memakai logic probe atau
CRO cek signal CLK, OSC, PCLK, RESET DRV, I/O CH RDY, I/O CH CHK, ALE, MEMR,
MEMW, IOR, IOW, AEN pada slot I/O.Lihat cek 2 dan 3 pada materi 2, kemudian
lakukan cek 4
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar