BIDANG STUDI
KEAHLIAN :
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :
TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN :
1. REKAYASA
PERANGKAT LUNAK (070)
2. TEKNIK KOMPUTER
DAN JARINGAN (071)
3. MULTI MEDIA (072)
A.
Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Merakit personal
computer
|
1.1
Merencanakan
kebutuhan dan spesifikasi
1.2
Melakukan
instalasi komponen PC
1.3
Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4 Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan
aktifasi komponen sistem operasi)
1.5
Menyambung periferal menggunakan software
1.6
Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
|
2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
|
2.1 Menjelaskan
langkah instalasi sistem operasi
2.2 Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
2.3 Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
2.4 Melakukan troubleshooting
|
3.
Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan
lingkungan hidup (K3LH)
|
3.1
Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2
Melaksanakan prosedur K3
3.3
Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4 Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
|
B.
KOMPETENSI KEJURUAN
1. Rekayasa Perangkat Lunak (070)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
|
1.1
Menerapkan teori kelistrikan
1.2
Mengenal komponen elektronika
1.3
Menggunakan komponen elektronika
1.4
Menerapkan konsep elektronika digital
1.5
Menerapkan sistem bilangan digital
1.6
Menerapkan elektronika
digital untuk komputer
|
2.
Menerapkan algoritma pemrograman tingkat dasar
|
2.1
Menjelaskan struktur algoritma
2.2
Membuat alur logika pemrograman
2.3
Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
2.4
Membuat diagram alir pemrograman
2.5
Menjelaskan varian dan invariant
2.6
Menerapkan pengelolaan array
|
3.
Menerapkan algoritma pemrograman tingkat lanjut
|
3.1
Menjelaskan prinsip array
multi dimensi
3.2
Mengunakan array multi
dimensi
3.3
Menggunakan prosedur dan fungsi
3.4
Menggunakan library
pemrograman grafik
|
4.
Membuat basis data
|
4.1
Mengidentifikasi struktur hirarki basis data
4.2
Menjelaskan Entity Relationship
Diagram (ERD)
4.3
Menerapkan normalisasi basis data
4.4
Membuat database
management system (DBMS)
|
5.
Menerapkan aplikasi basis data
|
5.1
Menjelaskan jenis
perintah SQL
5.2
Membuat table
basis data
5.3
Menerapkan query pada basis data
5.4
Membuat form basis data
5.5
Menerapkan macro pada basis data
5.6
Membuat report
|
6.
Memahami pemrograman visual berbasis desktop
|
6.1
Menjelaskan IDE aplikasi bahasa pemrograman
6.2
Menjelaskan objek aplikasi bahasa pemrograman
6.3
Menjelaskan user interface
aplikasi bahasa pemrograman
6.4
Menjelaskan tipe file
6.5
Menjalankan aplikasi
|
7.
Membuat paket software aplikasi berbasis desktop
|
7.4.
Menjelaskan menu aplikasi
7.5.
Menyiapkan
sistem komputer
7.6.
Mendemonstrasikan
aplikasi paket installer
7.7.
Menyimpan installer
aplikasi
7.8.
Menghubungkan
aplikasi dengan basis data
|
8.
Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer
|
8.1
Menjelaskan fungsi periferal
jaringan komputer
8.2
Mengidentifikasikan ketersambungan jaringan
8.3
Mengoperasikan aplikasi jaringan komputer
8.4
Melakukan pemutusan jaringan
|
9.
Menerapkan
bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
|
9.1
Menjelaskan konsep pengoperasian bahasa pemrograman (SQL)
9.2
Mempersiapkan perangkat lunak SQL
9.3
Mendeskripsikan menu aplikasi SQL
9.4
Membuat tabel
9.5
Mengoperasikan
tabel dan table view
|
10.
Menerapkan bahasa pemrograman SQL tingkat lanjut
|
10.1 Menentukan formula pembentukan data dengan batasan waktu
10.2 Membuat prosedur dan fungsi
10.3 Menulis kode program pembangkitan data dengan batasan waktu
10.4 Mengoperasikan trigger
|
11. Menerapkan dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
|
11.1 Menjelaskan konsep dasar dan teknologi Webpage
11.2 Menjelaskan struktur dokumen HTML
11.3 Menambahkan objek pada web
11.4 Membuat tabel pada web
11.5 Membuat Link pada web
11.6 Menyimpan dokumen
11.7 Menguji dokumen
|
12.
Membuat halaman web dinamis tingkat dasar
|
12.1
Menjelaskan konsep pembuatan halaman web dinamis
12.2
Mempersiapkan lingkungan teknis
12.3
Membuat halaman web dinamis sederhana
12.4
Menambahkan fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
12.5 Menguji halaman web dinamis
|
13.
Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut
|
13.1
Menjelaskan konsep pemrograman web dinamis
13.2
Mempersiapkan pembuatan aplikasi
13.3 Membuat web menggunakan bahasa script
|
14.
Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek
|
14.1
Menjelaskan dasar-dasar pemrograman
14.2
Menerapkan fungsi
14.3
Menerapkan pointer
14.4
Menjelaskan class
14.5 Merancang aplikasi berorientasi objek
|
15.
Menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek
|
15.1 Menggunakan tipe data control program
15.2 Membuat class
15.3 Membuat inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
15.4 Membuat interface dan paket
15.5 Mengkompilasi program berorientasi objek
|
16.
Merancang program aplikasi web berbasis objek
|
16.1 Menjelaskan file Input/Output
(I/O), tipe data dan variabel pada java
programming
16.2 Menjelaskan exception handling
16.3 Menjelaskan applet
16.4 Menerapkan konektivitas basis data
|
17.
Membuat aplikasi basis data menggunakan SQL
|
17.1 Menjelaskan kebutuhan software
17.2 Membuat Entity Relationship Diagram (ERD)
17.3 Membuat Data Flow Diagram (DFD)
17.4 Mempersiapkan lembar kerja Basis Data
17.5 Menggunakan sintaks-sintaks khusus SQL
17.6 Membuat Query Basis Data
|
18.
Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web
|
18.1 Menjelaskan prosedur pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah
situs web
18.2 Mempersiapkan basis data
18.3 Membuat login pada basis data
18.4 Membuat koneksi basis data pada web
18.5
Menguji konektivitas basis data pada web
|
19.
Membuat program basis data
|
19.1 Menjelaskan konsep pembuatan DBMS berbasis Client-Server
19.2 Menggunakan SQL
19.3 Menggunakan stored procedures
19.4 Menggunakan triggers
19.5 Menggunakan administrasi SQL
19.6 Menjelaskan struktur program aplikasi
19.7 Menerapkan SQL
|
20.
Membuat aplikasi web berbasis JSP
|
20.1
Menjelaskan kebutuhan software
20.2
Menjelaskan dasar-dasar JSP
20.3 Membuat aplikasi web berbasis JSP
20.4 Menyiapkan server untuk aplikasi web berbasis JSP
20.5 Menyimpan state (kondisi) ke dalam server dan client.
|
2. Teknik Komputer dan Jaringan (071)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
|
1.1
Menerapkan teori kelistrikan
1.2
Mengenal komponen elektronika
1.3
Menggunakan komponen elektronika
1.4
Menerapkan konsep elektronika digital
1.5
Menerapkan sistem bilangan digital
1.6
Menerapkan elektronika
digital untuk komputer
|
2.
Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC
|
2.1
Mengidentifikasi macam-macam periferal dan fungsinya
2.2 Menyambung/memasang periferal
(secara fisik) dan periferal setup
menggunakan software
2.3
Melakukan tindakan korektif
|
3.
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
|
3.1
Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
3.2
Mengklasifikasikan
masalah berdasarkan kelompoknya
3.3
Mengisolasi
permasalahan
|
4.
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang
sistem PC
|
4.1
Menjelaskan langkah perbaikan PC
4.2
Memperbaiki PC
4.3
Memeriksa hasil
perbaikan sistem PC
|
5.
Melakukan perbaikan periferal
|
5.1
Menjelaskan
langkah perbaikan periferal yang bermasalah
5.2
Memperbaiki periferal
5.3
Memeriksa hasil
perbaikan periferal
|
6.
Melakukan perawatan PC
|
6.1
Menjelaskan
langkah perawatan PC
6.2
Melakukan
perawatan PC
6.3
Memeriksa hasil
perawatan PC
6.4
Melakukan tindakan korektif
|
7.
Melakukan instalasi sistem operasi berbasis Graphical
User Interface (GUI) dan Command
Line Interface (CLI)
|
7.1 Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI)
7.2 Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis GUI sesuai Installation
Manual
7.3 Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis Command Line Interface (CLI)
7.4 Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis text sesuai Installation
Manual
|
8.
Melakukan instalasi software
|
8.1
Menjelaskan
langkah instalasi software
8.2
Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
8.3
Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
8.4
Melakukan troubleshooting
|
9.
Melakukan instalasi perangkat
jaringan lokal (Local Area Network)
|
9.1
Menentukan
persyaratan pengguna
9.2
Membuat desain
awal jaringan
9.3
Mengevaluasi
lalu lintas jaringan
9.4
Menyelesaikan desain
jaringan
|
10.
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang
tersambung jaringan
|
10.1 Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
10.2
Menganalisa gejala kerusakan
10.3
Melokalisasi daerah kerusakan
10.4
Mengisolasi permasalahan
|
11.
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan
|
11.1 Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi
jaringan
11.2 Melakukan perbaikan koneksi jaringan
11.3 Melakukan setting ulang koneksi jaringan
11.4
Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
|
12.
Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Text
|
12.1
Menjelaskan
langkah instalasi software
12.2
Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
12.3
Mengkonfigurasi jaringan pada sistem operasi
12.4
Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
12.5
Melakukan troubleshooting
|
13.
Melakukan
instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
|
13.1 Menjelaskan persyaratan WAN
13.2 Mengidentifikasi spesifikasi WAN
13.3 Membuat desain awal jaringan WAN
13.4 Mengevaluasi lalu lintas jaringan
13.5 Menyelesaikan desain jaringan
|
14. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis
luas (Wide Area Network)
|
14.1 Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
14.2 Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
14.3 Melokalisasi daerah kerusakan
14.4 Mengisolasi masalah
14.5 Menyelesaikan masalah yang timbul
|
15. Membuat desain sistem keamanan jaringan
|
15.1
Menentukan jenis-jenis keamanan jaringan
15.2 Memasang firewall
15.3
Mengidentifikasi pengendalian jaringan yang diperlukan
15.4
Mendesain sistem keamanan jaringan
|
16.
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas
(Wide
Area Network)
|
16.1 Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
16.2 Melakukan perbaikan koneksi jaringan
16.3 Melakukan setting ulang koneksi jaringan
16.4
Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
|
17.
Mengadministrasi
server dalam jaringan
|
17.1 Memilih aplikasi untuk server
17.2
Memilih sistem operasi untuk jaringan
17.3 Memilih komponen server
17.4
Menetapkan
spesifikasi server
17.5
Membangun dan
mengkonfigurasi server
17.6
Menguji server
17.7
Memonitor
kinerja jaringan
|
18.
Merancang bangun
dan menganalisa Wide Area Network
|
18.1
Mengkonfirmasi kebutuhan klien dan perangkat jaringan
18.2 Meninjau masalah keamanan
18.3 Memasang dan mengkonfigurasi produk dan perangkat gateway
18.4
Mengkonfigurasi dan menguji titik jaringan
18.5 Mengimplementasi perubahan
|
19. Merancang web data base untuk content server
|
19.1 Menentukan kebutuhan sistem
19.2
Menentukan
prosedur recovery
19.3 Merancang arsitektur basis data
19.4 Mengklasifikasikan penggunaan basis data.
|
3. Multi Media (072)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami etimologi multimedia
|
1.1 Mendeskripsikan tentang multimedia
1.2 Menjelaskan multimedia content
production
1.3 Menjelaskan multimedia communication
|
2.
Memahami alir proses produksi
produk multimedia
|
2.1
Menjelaskan proses pre production
multimedia
2.2
Menjelaskan proses production
multimedia
2.3
Menjelaskan proses post
production multimedia
|
3.
Merawat peralatan multimedia
|
3.1 Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2
Melakukan perawatan peralatan multimedia
3.3
Membuat kartu perawatan peralatan multimedia
|
4.
Mengelola isi halaman web
|
4.1
Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
4.2
Memeriksa links dan navigasi
4.3
Mengedit informasi sesuai kebutuhan
4.4
Menguji dan memastikan perubahan perubahan
|
5.
Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
|
5.1
Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
5.2
Mengoperasikan kamera video
5.3
Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
5.4
Mengoperasikan
kamera
5.5
Menata kabel-kabel kamera
5.6
Mengoperasikan clapper board
|
6.
Menerapkan prinsip-prinsip seni
grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
|
6.1 Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2 Membuat sketsa
6.3 Menggambar perspektif
6.4 Menggambar objek
6.5 Menggambar ilustrasi
|
7.
Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
|
7.1
Menjelaskan syarat animasi
7.2
Membuat gambar kunci
7.3
Mengatur dan melengkapi gambar kunci
|
8.
Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
|
8.1
Mendeskripsikan gambar yang asli
8.2
Membuat gambar-gambar asli
8.3
Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
8.4
Membuat
gambar tiga dimensi
|
9.
Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
|
9.1
Mendeskripsikan
syarat-syarat animasi
9.2
Membuat model
warna dan tempat warna
|
10.
Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
|
10.1
Menggunakan software teks multimedia
10.2
Mendesain teks multimedia
|
11.
Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
|
11.1
Mengedit gambar digital
11.2
Menggunakan software grafik multimedia 2D
11.3
Menciptakan design grafik Multimedia 2D
11.4
Menampilkan karya seni digital 2D
|
12.
Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian
multimedia
|
12.1 Menggunakan kamera digital
12.2 Menggabungkan foto digital ke dalam rangkaian multimedia
12.3 Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D
|
13.
Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
|
13.1
Menjabarkan format audio digital
13.2 Menggunakan software audio digital
13.3 Merancang audio digital
13.4 Membangun track audio digital
|
14.
Membuat story board aplikasi
multimedia
|
14.1
Mengidentifikasi kebutuhan
14.2
Merencanakan alur isi story board
14.3
Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board
|
15.
Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
|
15.1 Menjelaskan dasar tata cahaya
15.2 Menjelaskan efek cahaya
15.3 Menyiapkan operasi lighting
|
16.
Menerapkan efek khusus pada objek produksi
|
16.1
Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
16.2
Menginstallasi software efek
khusus
16.3
Membuat efek khusus pada obyek
|
17.
Menyusun proposal penawaran
|
17.1 Menganalisa syarat-syarat proyek
17.2 Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan
persyaratan laporan
17.3 Membuat rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber
yang ada
17.4 Membuat proposal
17.5 Membuat pengajuan permohonan tender.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar